|
Keyword Tools |
Kebutuhan akan keakuratan data penjelajahan pengguna internet atau kata kata yang sering di ketikannya ( Keyword ) , sudah menjadi kebutuhan yang mendasar bagi para publiser , internet marketing atau para blogger. Hal ini membutuhkan alat / tools yang mempermudah untuk mengetahui Keywords tersebut. Tulisan ini saya kutip dari 8 tools Gratis untuk Riset Keyword dari startupbisnis.com, yang mudah mudahan membantu anda.
Berikut adalah beberapa aplikasi gratis untuk perencanaan kata kunci yang tersedia, dan sangat berguna.
1. Google Keyword Planner
Aplikasi yang paling banyak digunakan untuk perencanaan kata kunci PPC adalah Google Keyword Planner. Aplikasi ini memungkinkan pengiklan untuk mencari kata kunci baru dan kata kunci untuk iklan. Aplikasi Google ini juga menyediakan statistik untuk setiap kata kunci, termasuk besarnya pencarian dan perkiraan cost per click (biaya rata-rata perklik). Keyword Planner atau Perencanaan Kata Kunci hanyalah tahap awal yang dapat membantu Anda untuk menentukan kata kunci yang tepat, jadi ini bukan satu-satunya aplikasi yang bisa Anda gunakan. Seperti yang dinyatakan Google, Anda bisa menggunakan perencanaan ini sebagai ‘peletakkan dasar menuju pemasaran yang sukses’. Hal ini dapat memberikan arahan dasar dalam organisasi periklanan dan pemilihan kata kunci yang lebih luas, tapi Anda mungkin akan melewatkan beberapa keyterms yang bernilai jika Anda hanya mengandalkan aplikasi ini.
2. Google Autocomplete
Mulailah dengan mengetik sebuah kata atau frasa di kotak pencarian Google, dan sejumlah prediksi yang mungkin mirip dengan kata kunci yang Anda cari, akan muncul. Konsep autocomplete milik Google ini didasarkan pada beberapa faktor, termasuk seberapa sering pengguna telah mencari kata kunci tersebut sebelumnya. Ini akan membantu ketika Anda sedang mencari kata kunci yang cukup panjang, dimulai dari kata-kata awal. Ketik kata/frasa awal Anda ke dalam kotak pencarian, dan cobalah untuk mengetik tiap huruf agar bisa melihat seberapa jauh kata kunci tersebut dicari. Juga, coba untuk mengetik kata kunci dan menempatkan spasi sebelum kata kunci tersebut, agar bisa melihat variasi-variasi yang kerap muncul.
3. Ubersuggest
Seperti yang bisa Anda tebak, Ubersuggest adalah aplikasi penyaran kata kunci (suggestion tool). Aplikasi ini menunjukkan data dari Google dan mesin pencari lainnya dengan kata kunci pertama/awal, menambahkan huruf atau angka di kata kunci yang ada, dan menawarkan saran untuk kata kunci. Hal ini juga berguna untuk menguji kata kunci yang panjang dan membantu Anda menemukan kata kunci yang cocok.
Ini juga memperluas daftar kata kunci Anda dan membantu Anda menghasilkan ide baru untuk kata kunci yang ingin Anda gunakan. Mungkin Anda tidak pernah menghabiskan waktu lebih dari satu menit hanya untuk mencari beberapa ratus saran kata kunci, tapi terkadang, dari situlah Anda dapat menemukan kata kunci yang mungkin tak Anda pikirkan sebelumnya.
4. Keyword Tool
Aplikasi Keyword Tool hampir mirip dengan Ubersuggest, karena menggunakan konsep Google Autocomplete, tapi, Keyword Tool lebih unggul selangkah, karena mampu menghasilkan hingga 750 saran kata kunci bagi Anda. Keyword Tool bekerja dengan 129 domain di Google, 83 bahasa dan sangat user-friendly. Tak hanya itu, ia juga mampu menyarakan sejumlah kata untuk frasa/kata-kata sebelum dan sesudah kata kunci yang Anda inginkan. Tidak ada CAPTCHA atau iklan yang menggangu para pengiklan ketika tengah meneliti kata kunci secara mendalam. Dan, bagian terbaik dari aplikasi ini adalah memudahkan Anda dalam menavigasi. Jika Anda ingin aplikasi sederhana yang membantu Anda mencari kata kunci panjang, aplikasi ini sangat direkomendasikan.
5. WordStream Free Keyword Tool
Meskipun memiliki fitur yang terbatas, aplikasi WordSream’s Free Keyword Suggestion lebih andal dalam memberikan kata kunci yang relevan dan bernilai untuk tema bisnis Anda. Aplikasi ini menyediakan kata kunci lebih beragam untuk kata kunci yang panjang, dibanding Keyword Planner-nya Google. Dan, semua saran kata kunci yang ditampilkan aplikasi ini lebih relevan dibanding saran kata kunci dari aplikasi-aplikasi yang disebutkan tadi. Aplikasi ini mampu mewakili lebih dari satu triliun permintaan pencarian, dan pengguna bisa menggunakannya hingga 30 kali sehari tanpa membayar.
Sayangnya, ada beberapa metrik seperti Google Search Volume and Competition yang hasilnya kurang tepat/relevan, kecuali jika Anda menggunakan Wordstream versi berbayar. Wordstream yang tak berbayar juga memiliki aplikasi perencanaan kata kunci termasuk pencari KeyWord Niche, Keyword Grouper dan Negative Keyword Tool, dan lainnya lagi yang dapat membantu menyempurnakan kata kunci yang ingin Anda gunakan.
6. Keyword Eye (Basic)
Keyword Eye adalah aplikasi kata kunci visual yang menawarkan ‘gumpalan kata kunci’, dimana ukuran dan warna yang ditampilkan Keyword Eye, masing-maisng mewakili besarnya pencarian dan kompetisi. Anda juga bisa melihat saran kata kuncinya dalam tampilan grid dan mengurutkannya dengan metrik tertentu. Dengan Keyword Eye versi tak berbayar, pengguna bisa mendapatkan 20 kata kunci yang dicari dalam sehari, hingga laporan mengenai 100 kata kunci, dan 25 database kata kunci dari Google. Berbeda dengan WordStream, di sini Anda dapat melihat Search Volume, PPC Competition, dan PPC Competitive Score. Keyword Eye menyediakan data yang cukup luas dan panjang, namun mudah dicerna, dan merupakan salah satu alternative untuk menemukan kata kunci yang sesuai.
7. Keyword Revealer’s Keyword Tool
KeyWord Revealer adalah aplikasi tak berbayar yang memungkinkan Anda untuk melihat berbagai saran kata kunci yang relevan serta metrik yang sesuai, seperti Search Volume, CPC, dan Estimated Profit. Mirip dengan Keyword Eye, aplikasi ini menunjukkan seberapa sulit kompetisi yang tengah berjalan dan memprediksi kata kunci yang munngkin menguntungkan. . Saran kata kunci yang ditawarkan aplikasi ini sangatlah relevan dan layak untuk dicoba.
Tapi, versi gratisnya hanya memperbolehkan 3 pencarian perhari, jadi gunakanlah dengan bijaksana.
8. Adwords Search Terms
Jangan lupa bahwa kata kunci yang paling bernilai, bisa datang dari kata kunci pencarian yang digunakan pengunjung sebelum mereka mengklik iklan Anda. Cara terbaik untuk menelusup isi kepala mereka adalah berpikir seperti mereka, ketika mereka hendak mencari layanan jasa/produk. Bila menggunakan Google Adwords, perhatikan untuk memilih kata kunci yang paling relevan ke grup iklan Anda. Jika kata kunci yang digunakan tidak relevan dengan apa yang Anda iklankan, Google bisa menilainya negatif.
Untuk mengakses Search Query Report di Adwords, buka tab ‘Keywords’, klik ‘Detail’ dan pilih ‘All’.
Semoga bermanfaat.